News

Kamis, 17 Desember 2015

Unknown

Panduan Teknis Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Nasional - Aplikasi Pendidik

Panduan Teknis Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Nasional

Bagaimana cara menyusun RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional, tentunya jika bicara Teknis pembuatan RPP tidaklah serumit apa yang kita telah alami sebelumnya seperti layaknya pada Kurikulum 2006 atau biasa kita sebut KTSP hanya saja pada KTSP Tahun 2006 beberapa kelas terutama kelas tinggi masih menggunakan pola per mata pelajaran, hal ini jelas saja berbeda jika kita melihat pada Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional yang menggunakan Pola Tematik. mari kita mulai pembahasan cara pembuatan RPP Kurikulum 2013/Kurikulum Nasional.

Pengertian RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu hari.
Komponen RPP
  • Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan
  • Kelas/Semester
  • Tema
  • Subtema
  • Pembelajaran ke-
  • Alokasi waktu
  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar dan Indikator
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Media, alat, dan sumber  pembelajaran
  • Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
a. Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Penutup
  • Penilaian
Prinsip-prinsip Penyusunan RPP
RPP disusun berdasarkan silabus, RPP dikembangkan sesuai dengan kondisi di satuan pendidikan. Mendorong partisipasi aktif peserta didik, Berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.

Mengembangkan budaya membaca dan menulis, Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan, Memberikan umpan balik dan tindak lanjut, Memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedial Keterkaitan dan keterpaduan. Memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi Mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Proses Penyusunan RPP
Mengkaji Silabus Tematik, Pada kurikulum 2013, silabus telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan ke dalam bentuk proses pembelajaran

Mengkaji Buku Guru
Pada buku guru terdapat diantaranya: Kompetensi Inti (KI) Pemetaan Kompetensi Dasar (KD), Pemetaan Indikator, Tujuan Pembelajaran Media dan alat pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Refleksi, Pengayaan dan Remedial
Pendampingan bersama orangtua

Mengkaji Buku Siswa
Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang memudahkan siswa untuk terlibat aktif di dalam pembelajaran

Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Disusun untuk memberikan bantuan kepada para guru agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional Memuat rangkaian kegiatan manajerial yang dilakukan guru Merupakan langkah-langkah guru dalam membuat peserta didik aktif belajar.

Selengkapnya....

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »